Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bunda corla mengatakan, Indonesia Banyak pengangguran karena kerja dibatasi umur, pemerintah memiskinkan masyarakatnya sendiri

Barakatinews - Tingginya angka pengangguran di Indonesia merupakan permasalahan yang sangat serius dan menjadi fokus utama berbagai pihak, baik itu masyarakat, pemerintah, atau sektor swasta. Sepanjang bertahun-tahun, Indonesia selalu dihadapkan dengan masalah pengangguran yang tinggi terutama pada kalangan usia produktif. Di tengah kondisi pandemi seperti saat ini, jumlah pengangguran semakin meningkat.

Bunda corla mengatakan, Indonesia Banyak pengangguran karena kerja dibatasi umur, pemerintah memiskinkan masyarakatnya sendiri

Menurut Bunda Corla, salah satu penyebab tingginya angka pengangguran di Indonesia adalah kerja dibatasi oleh umur. Hal ini membuat banyak perusahaan membatasi orang yang melamar pekerjaan dengan usia tertentu, padahal kemampuan dan kualifikasi seseorang harus menjadi yang utama. Di sini, kualifikasi pendidikan sangat penting untuk mendapat pekerjaan yang diinginkan oleh seseorang.

Baca juga: Kenaikan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji 2024 Picu Kecemasan Calon Jamaah

Hal tersebut semakin diperparah dengan banyak perusahaan yang mengalami kesulitan keuangan akibat pandemi, sehingga tidak banyak membuka lowongan pekerjaan. Selain itu, kurangnya infrastruktur juga menjadi masalah dalam menciptakan lapangan kerja baru.

Pemerintah juga ikut disalahkan atas masalah ini, karena dianggap membuat aturan-aturan yang membatasi peluang kerja. Seharusnya, tugas pemerintah adalah mempermudah proses penciptaan lapangan kerja dan meningkatkan kualitas pendidikan untuk meningkatkan kualifikasi tenaga kerja.

Bunda Corla menyarankan bahwa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah pengangguran di Indonesia adalah dengan memperhatikan kualifikasi dan kemampuan seseorang, bukan hanya berdasarkan usia. Selain itu, sistem pendidikan juga perlu ditingkatkan untuk menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas, sehingga dapat bersaing dengan tenaga kerja dari negara lain. Pendidikan vocational atau kejuruan sangat diperlukan agar lulusannya memperoleh keterampilan yang sesuai kebutuhan industri.

Infrastruktur yang baik juga merupakan faktor penting dalam menciptakan lapangan kerja. Investasi yang masif dari pemerintah dan swasta dalam pembangunan infrastruktur dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesempatan kerja. Pembangunan bandara, pelabuhan, jalan raya dan jaringan transportasi juga menjadi kunci dalam meningkatkan lapangan kerja.

Pemerintah juga harus memperkuat ekonomi nasional dan memudahkan proses investasi di Indonesia, sehingga dapat meningkatkan kesempatan berusaha dan menciptakan lapangan kerja baru. Dalam rangka menjaga agar nilai rupiah tetap stabil, pemerintah perlu kebijakan yang konsisten dalam menjaga stabilitas ekonomi nasional.

Secara keseluruhan, masalah pengangguran di Indonesia memang menjadi perhatian serius bagi masyarakat, pemerintah, dan sektor swasta. Perlu kerja keras dan sinergi dari semua pihak untuk mengatasi masalah itu dengan cara meningkatkan kualitas dan kuantitas lapangan kerja, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan investasi. Keberhasilan dalam menciptakan lapangan kerja menjadi penting bagi pertumbuhan ekonomi, pembangunan sosial, dan kesejahteraan rakyat. Oleh karena itu, usaha bersama semua pihak perlu dilakukan agar masalah pengangguran di Indonesia bisa teratasi.

Posting Komentar untuk "Bunda corla mengatakan, Indonesia Banyak pengangguran karena kerja dibatasi umur, pemerintah memiskinkan masyarakatnya sendiri"