Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pj. Bupati Bombana Edy Suharmanto Resmi Dilantik Oleh Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara

Barakatinews - Pada Senin, 28 November 2023, Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara, Komjen (Pol) Dr (HC) Andap Budhi Revianto S I K. M.H, mengeluarkan surat keputusan mengenai pengangkatan Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bombana. Usulan masyarakat untuk menunjuk Dra. Hj. Siti Barbiah Rasifa, MM sebagai Plt Bupati Bombana akhirnya dikabulkan. Namun, pada Rabu, 30 November 2023, Menteri Dalam Negeri RI, M. Tito Karnavian, PhD mengeluarkan surat keputusan mengenai penggantian Ir. H. Burhanuddin, M.Si sebagai Pj. Bupati Bombana. Surat keputusan ini setelahnya ditindaklanjuti oleh Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara dengan melantik Drs. Edy Suharmanto, M.Si sebagai Pj. Bupati Bombana.

Pj. Bupati Bombana Edy Suharmanto Resmi Dilantik Oleh Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara

Pelantikan ini sendiri diadakan di ruang pola kantor gubernur Sulawesi Tenggara dan dihadiri oleh seluruh kepala OPD lingkup Pemkab Bombana, DPRD Bombana, KPU, serta Forkopimda. Edy Suharmanto sendiri sebelumnya merupakan Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri-RI.

Baca juga: Festival Kampung Adat Moronene Hukaea Laea: Melestarikan Warisan Budaya dan Menumbuhkan Sektor Pariwisata di Kabupaten Bombana

Dalam pidatonya setelah dilantik, Edy Suharmanto mengatakan bahwa ia akan melanjutkan program-program yang sudah ada mengenai langkah dan program tahun 2024 mendatang. Namun, ia berharap agar menerima masukan dari seluruh elemen masyarakat demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Bombana. Publik diajak untuk bebas menyampaikan informasi, keluhan, dan kritik yang sama-sama bersifat membangun demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Bombana.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai pelantikan Pj. Bupati Bombana ini. Surat keputusan mendapatkan dasar hukum pada S.K Mentri dalam Negeri (Mendagri) No. 1002136164 Tahun 2023 tentang pengangkatan Pj. Bupati Bombana. Pejabat yang dilantik menjadi Pj. Bupati Bombana ini adalah penunjukan sementara yang bertugas memimpin suatu wilayah pemerintahan daerah saat terjadi kekosongan jabatan Bupati.

Harapan publik bahwa Drs. Edy Suharmanto, M.Si yang baru saja dilantik untuk menjabat sebagai Pj. Bupati Bombana, dapat mengembangkan program-program yang ada demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bombana. Semoga langkah-langkah yang dilakukan oleh Edy Suharmanto nantinya akan membuahkan hasil yang baik untuk seluruh warga Bombana.

Kita semua berharap agar kehadiran Pj. Bupati Bombana yang baru dapat menambah kemajuan dan kesejahteraan di daerah tersebut, namun secara nyata, masih belum ada informasi mengenai program-program yang akan dikembangkan olehnya. Selain itu, masih butuh adanya keterbukaan dari pihak pemkab terkait rencana program kerja yang akan diterapkan oleh Pj. Bupati Bombana, mengingat Kabupaten Bombana yang merupakan daerah yang cukup membutuhkan perhatian lebih dalam hal pembangunan.

Menurut beberapa warga Kabupaten Bombana, perlu dilakukan berbagai upaya dan pembenahan untuk meningkatkan laju pembangunan di daerah tersebut. Salah satunya adalah dengan mengembangkan sektor pariwisata dan pertanian yang dapat dijadikan sebagai potensi besar untuk meningkatkan perekonomian warga Bombana. Peningkatan infrastruktur seperti jalan raya, jembatan dan jalan lingkar yang kondusif juga menjadi hal penting pada daerah ini.

Semoga Pj. Bupati Bombana yang baru ini dapat mempersempit kesenjangan antara daerah perkotaan dengan daerah pedesaan di daerah Bombana. Selain itu, kita juga berharap bahwa rencana program kerja yang akan dijalankan oleh Pj. Bupati Bombana yang baru akan dapat mempercepat perkembangan perekonomian daerah terutama pada sektor pariwisata dan pertanian.

Kita semua memiliki peran penting dalam memberikan masukan, mendukung dan mengevaluasi kinerja Pj. Bupati Bombana yang baru demi tercapainya tujuan bersama membawa kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Bombana. Semoga langkah-langkah yang dilakukan oleh Pj. Bupati Bombana yang baru akan dapat membawa perubahan yang positif bagi Kabupaten Bombana.

Posting Komentar untuk "Pj. Bupati Bombana Edy Suharmanto Resmi Dilantik Oleh Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara"